Rabu, 23 Agustus 2017

7 Tips Wawancara Kerja Bagi Fresh Graduate


Dunia Kerja - Bingung karena tidak mengetahui jawaban saat menjalani wawancara kerja adalah hal wajar. Apalagi jika Anda adalah sarjana muda yang baru lulus (fresh graduate) dan baru pertama kali mengikuti wawancara kerja. Berikut tipsnya agar sukses melakukan wawancara kerja bagi fresh graduate.

1. Tenang
Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah tenang. Jika Anda panik karena tidak tahu jawaban atas pertanyaan yang diajukan pewawancara, maka tubuh Anda juga akan bereaksi seperti berkeringat dan jantung berdebar kencang. Jadi, cobalah ambil napas dan katakan pada diri sendiri bahwa semua akan baik-baik saja sambil memikirkan jawabannya.

2. Jangan katakan, 'Saya tidak tahu'
Pikirkan baik-baik sebelum memberi jawaban, "Saya tidak tahu," kepada pewawancara. Sebaliknya, jangan membuat-buat jawaban karena pewawancara akan mengetahui jika Anda berbohong.

3. Ajukan pertanyaan
Jika Anda tidak mengerti apa pertanyaan yang diberikan oleh HRD, Anda bisa meminta mereka memperjelasnya. Dalami pertanyaan tersebut untuk membantu Anda memberikan jawaban paling tepat.

4. Ceritakan pada HRD tentang yang Anda ketahui
Ceritakan pengetahuan Anda tentang pertanyaan yang diajukan pewawancara. Dengan begitu, sesi wawancara Anda akan berjalan lancar.

5. Katakan pada HRD bagaimana cara Anda menemukan jawaban
HRD ingin melihat inisiatif dan cara Anda menemukan solusi dalam menghadapi suatu masalah. Ketika Anda berusaha untuk menemukan jawaban, Anda bisa mengaku pada HRD bahwa Anda belum mendapatkan jawaban pada bagian-bagian tertentu. Kejujuran akan membuat Anda lebih disukai.

baca juga : 5 Faktor Berikut Jangan Anda Abaikan Saat Mencari Kerja

6. Tahu waktu yang tepat
Bila setelah beberapa tips tadi Anda memang benar-benar tidak tahu jawaban dari pertanyaan wawancara yang diajukan, Anda boleh mengaku. Tetapi, sampaikan pengakuan Anda dengan elegan. Misalnya dengan berkata, "Itu pertanyaan yang bagus. Tapi saya minta maaf karena belum memiliki jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut. Saya pastikan, saya akan mencari tahu tentang jawaban tersebut usai wawancara ini."

7. E-mail lanjutan
Setelah wawancara, Anda bisa mengirim e-mail lanjutan kepada pewawancara. Bisa jadi, ini adalah kesempatan Anda menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang membuat bingung. Satu saran kecil, ketimbang menjelaskan bahwa Anda tidak tahu jawaban atas satu pertanyaan, coba katakan, "Setelah menghabiskan lebih banyak waktu berpikir, saya bisa memberikan beberapa jawaban untuk pertanyaan tersebut."

Penelusuran yang terkait dengan 7 Tips Wawancara Kerja Bagi Fresh Graduate

pertanyaan interview kerja fresh graduate
interview kerja di pt
pertanyaan interview kerja pertama kali
jawaban interview motivasi kerja
pertanyaan interview bahasa inggris
pertanyaan dan jawaban interview kerja bank 
cara menghadapi interview kerja bagi pemula
wawancara kerja adalah


EmoticonEmoticon