Senin, 13 November 2017

Fresh Graduate vs Berpengalaman

Fresh Graduate vs Berpengalaman

Berikut ini tips bagaimana caranya seorang Fresh Graduate bisa mengalahkan kandidat lain yang berpengalaman. Hal ini menarik, untuk anda yang baru lulus yang belum punya pengalaman kerja atau mungkin pengalaman kerja masih sedikit.

Bagaimana sih caranya?
Cari dulu lowongan kerja dimana ada keterangan didalam kualifikasinya seorang fresh graduate dipersilahkan melamar atau tidak di syaratkan pengalaman-pengalaman tertentu misalnya minimal pengalaman 1-2 tahun. Apabila anda bersaing di lowongan yang ada syarat pengalaman kerjanya dipastikan anda kemungkinan besar akan kalah. Ketika anda melamar di kualifikasi yang membuka untuk fresh graduate, peluang anda untuk bersaing dengan kandidat yang punya pengalaman menjadi  50-50.

Bagaimana cara mengalahkan kandidat lain? cara mengalahkannya ada 2 cara :

CV yang baik
Anda harus bisa membuat CV dimana dalam CV tersebut harus menunjukan kemampuan anda yang walaupun menjadi fresh graduate tapi bisa menunjukan kemampuan yang mendukung anda untuk bekerja di posisi yang anda inginkan.

Interview
Ketika interview anda harus menemukan kekuatan-kekuatan dan menonjolkan kelebihan-kelebihan harus bisa menjual apa yang menjadi skill dan keahlian anda walaupun tidak didapatkan dari pengalaman tapi bisa membuat skill tersebut yang anda miliki bisa mendukung anda untuk bekerja di posisi yang anda incar.

Mungkin itu sedikit tips bagi anda fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan dan dapat memenangkan persaingan untuk mendapat pekerjaan yang anda incar.


EmoticonEmoticon