Selasa, 07 Maret 2017

Sebelum Datang Wawancara Kerja Pastikan Anda Tahu 6 Hal Berikut


Dunia Kerja - Bisa mendapat pekerjaan yang Anda inginkan bukanlah perkara mudah. Salah satu hal yang sering membuat kandidat pekerja kesulitan saat proses pencarian kerja adalah tahap wawancara. Walaupun sudah sering berlatih, banyak kandidat yang tetap kewalahan menghadapi tahap ini. Ada beberapa trik yang dapat Anda pakai agar wawancara kerja bisa lancar dilakukan. Seperti dilaporkan Lifehack.org, Jumat (3/3/2017) berikut enam hal yang harus Anda tahu tentang proses wawancara kerja:

1. HRD tidak akan mengingat semua hal yang Anda lakukan 
Ada kalanya Anda melakukan kesalahan saat wawancara kerja berlangsung. Tak jarang, hal ini pun sering membuat konsentrasi kandidat pelamar menjadi buyar. Alhasil proses wawancara pun tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Untuk menghindari hal ini, Anda harus sadar bahwa HRD tidak akan mengingat semua hal yang Anda lakukan. Jadi, Anda tidak harus selalu khawatir.

2. Baca situs perusahaan 
Sebagai calon karyawan yang akan berkarir di sebuah perusahaan, penting bagi Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut. Anda bisa mencari tahu akan hal ini di situs perusahaan.

3. Baca dan tahu jawaban dari beberapa pertanyaan wawancara
Sangat penting bagi kandidat pelamar untuk berlatih wawancara kerja dengan teman atau keluarga. Ini akan membantu mengurangi stres saat dan membantu kelancaran menjawab saat wawancara yang sebenarnya. Untuk pencari kerja yang sudah berpengalaman, Anda dapat mempersiapkan poin-poin rinci sebelum wawancara.

4. Tahu apa saja tugas dan tanggung jawab posisi yang dilamar 
Hal lain yang harus Anda tahu dengan baik adalah tanggung jawab dari posisi yang Anda lamar. Ini termasuk apa saja tugas yang harus Anda lakukan serta bagaimana cara Anda melakukan pekerjaan tersebut.

baca juga : Beberapa Pertanyaan Jebakan Saat Interview

5. Tahu seluk beluk perusahaan
Pastikan Anda mengetahui sejarah, asal-usul, prestasi, dan profil dari perusahaan yang akan Anda masuki. Hal ini biasanya akan ada dalam wawancara kerja.

6. Pihak perusahaan juga merasa grogi 
Bukan hanya kandidat pelamar yang merasa grogi saat wawancara, hal ini juga dirasakan oleh perusahaan. Jadi, Anda tidak harus terlalu berlebihan memikirkan tindak tanduk saat di wawancara. Bersikaplah normal dan santai namun tetap menunjukkan norma yang baik.


EmoticonEmoticon