Rabu, 21 September 2016

Menghadapi Wawancara Kerja


Dunia Kerja - Bagi anda seorang fresh graduate, mendapatkan panggilan wawancara pertama kali memang menyenangkan sekaligus menegangkan. Sebagian besar di antara Anda mungkin bingung atau tidak percaya diri ketika harus memutuskan berpakaian seperti apa ketika datang wawancara, bagaimana bersikap, atau menjawab apa ketika wawancara.

Hal itu wajar, terutama untuk Anda yang baru lulus. Yang lebih melegakan lagi, semua orang pernah mengalaminya. Wawancara kerja bukan hanya untuk menilai kemampuan saja, tetapi juga untuk mengetahui kepribadian Anda secara lebih baik. Karena itu, sebelum datang wawancara, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik dan memiliki trik khusus supaya bisa lolos.

Berikut tips menghadapi interview yang bisa Anda praktekkan

1. Riset Perusahaan 

Lakukan riset atau mencari tahu tentang perusahaan yang akan mewawancarai Anda. Hal ini penting untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari HRD atau calon atasan. Selain itu akan menjadi nilai plus saat mereka tau bahwa Anda sudah menunjukkan ketertarikan bahkan sejak sebelum mulai bekerja di perusahaan tersebut.

2. Datang Tepat Waktu 

Hal yang paling perlu Anda perhatikan sebelum wawancara kerja adalah datang tepat waktu. Kenapa? Datang tepat waktu adalah cermin kedisiplinan. Jadi, jika Anda datang terlambat, calon perusahaan bisa saja menilai Anda sebagai pribadi yang kurang disiplin.

3. Pilih Pakaian Yang Tepat 

Selain datang tepat waktu, yang perlu Anda perhatikan sebelum datang wawancara adalah memilih pakaian yang tepat. Pilihlah pakaian yang formal dengan warna yang serasi, tidak terlalu ketat atau longgar, dan nyaman dikenakan. Cara berpakaian merupakan cermin profesionalisme.

4. Tenang, Percaya Diri, Jangan Grogi 

Grogi merupakan hal yang wajar ketika pertama kali wawancara kerja. Untuk menghindari hal itu, yang paling pertama harus Anda lakukan adalah tenang. Caranya, coba tarik napas dan berpikir positif bahwa semua akan berjalan lancar dan baik-baik saja. Panik atau grogi hanya akan membuat bingung atau berputar-putar saat menjawab pertanyaan atau salah tingkah. Perkenalkan diri dan berbicaralah dengan jelas dan lugas. Jangan lupa berjabat tangan sebelum dan sesudah wawancara.

baca juga : Ternyata ini faktor yang PERLU dikuasai di Dunia Kerja

5. Tunjukkan Kemampuan Yang Lain 

Jangan lupa untuk menceritakan kemampuan yang dimiliki selain kemampuan yang utama. Misalnya Anda melamar sebagai Content Writer tetapi Anda juga punya kemampuan lain, misalnya di bidang media sosial atau fotografi, tidak ada salahnya menjelaskannya pada HRD atau calon atasan. Ini akan menjadi nilai plus untuk Anda.

6. Bertanya

Saat wawancara, kebanyakan para pewawancara memberikan kesempatan untuk bertanya di akhir sesi wawancara. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menunjukkan sifat kritis. Tanyakan hal-hal terkait perusahaan atau job description. Dengan mengajukan pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa Anda memiliki jiwa yang kritis dan minat yang besar pada perusahaan.

Demikian 6 tips menghadapi wawancara kerja.


EmoticonEmoticon