Rabu, 27 Februari 2019

Pertimbangkan Hal Ini Saat Dapat Banyak Tawaran Kerja

Pertimbangkan Hal Ini Saat Dapat Banyak Tawaran Kerja

Apakah Anda mendapat beberapa tawaran pekerjaan di saat bersamaan? Selamat! Tentu saja ini hal yang menyenangkan dan membanggakan. Tapi juga membingungkan bukan? Apalagi jika sama-sama menawarkan gaji yang besar. Bingung harus pilih yang mana?

Selain gaji, berikut beberapa pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk pindah kerja atau memilih satu di antara beberapa tawaran pekerjaan itu. Di antaranya:

Benefit atau Tunjangan yang Ditawarkan

Ingat kompensasi bukan hanya masalah yang tercetak di gaji Anda. Sebab ada perusahaan yang memberikan gaji besar tanpa memberikan tunjangan apa pun, ada pula yang tidak memberikan gaji terlalu besar, namun memberikan berbagai macam tunjangan. Seperti tunjangan pajak, tunjangan kesehatan, makan, transportasi, beasiswa pendidikan, dan tunjangan hari tua.

Jika Anda mendapat tawaran gaji besar tanpa memberikan tunjangan apa pun, jangan dulu tergiur. Sebaiknya Anda berhitung lagi. Coba hitung berapa anggaran yang Anda butuhkan untuk pengeluaran transportasi, asuransi kesehatan, dan dana pensiun setiap bulannya. Pastikan Anda tidak mengeluarkan dana yang lebih besar untuk asuransi kesehatan, pajak penghasilan, dan dana pensiun.

Contohnya begini, ada perusahaan A menawarkan gaji Rp8 juta per bulan dan menawarkan benefitasuransi kesehatan, baik rawat inap dan rawat jalan . Sementara, perusahaan B menawarkan gaji Rp12 juta per bulan tanpa benefit lain.

Jika dilihat sekilas, perusahaan B menawarkan gaji lebih besar setiap bulannya, dibandingkan perusahaan A. Namun, perusahaan A memiliki skema benefit lebih baik karena sudah memberikan asuransi kesehatan untuk karyawannya. Dengan kata lain, apabila kayawan di perusahaan A mengalami sakit dan harus rawat inap atau rawat jalan, ia tidak perlu repot-repot lagi menyeluarkan biaya ekstra.

baca juga : Ingin Bekerja Maksimal Di Bawah Tekanan?

Sementara di perusahaan B, meski secara tahunan gaji yang diterima lebih besar ketimbang perusahaan A, tetapi karyawan di sana harus mengalokasikan dana untuk biaya kesehatan pribadi serta keluarga, yang tidak terduga kapan waktunya dan besaran biaya yang akan dikeluarkan.

Kesempatan untuk Berkembang

Umumnya seseorang akan memutuskan untuk pindah dari pekerjaannya, selain karena gaji yang ditawarkan lebih tinggi, juga karena dia ingin jenjang kariernya berkembang. Begitu pula Anda bukan? Karena itu Anda perlu tahu apakah dengan posisi baru Anda ini, ada keterampilan baru yang akan didapat dan seberapa jauh Anda bisa mengembangkan ide dan berkontribusi terhadap pekerjaan yang akan digeluti.

Selain itu, cari tahu apakah perusahaan tersebut mau memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk mengembangkan diri.

Jangan sungkan untuk menanyakan apakah ada program pengembangan di perusahaan tersebut seperti pelatihan, workshop, beasiswa pendidikan, dan jenjang karier yang menjanjikan ke depannya. Tanyakan juga apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan promosi jabatan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai posisi tersebut.

Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan akan turut memengaruhi kenyamanan Anda dalam bekerja. Artikel When Choosing a Job, Culture Maters di Harvard Business Review mengulas bahwa tidak jarang pencari kerja memasuki suatu perusahaan tanpa memahami budaya perusahaan dan mereka kecewa.

Jadi, Anda perlu mencari tahu seperti apa budaya kerja dari perusahaan yang akan menawarkan Anda pekerjaan. Pelajari bagaimana perusahaan beroperasi. Misalnya, apakah perusahaan tersebut perusahaan multinasional, perusahaan keluarga, atau startup? Bagaimana lingkungan kerja di sana, apakah formal atau santai? Lalu bagaimana jam kerjanya, fleksibel atau tidak? Apakah demografi karyawannya lebih banyak anak muda atau usia tua?

Anda terbiasa bekerja di perusahaan multinasional yang telah memiliki sistem yang jelas untuk jenjang karier, serta reward dan punishment atas pencapaian atau kegagalan kerja Anda, ada baiknya Anda bertanya lebih dalam terkait hal-hal tersebut ketika akan pindah ke perusahaan keluarga atau startup

baca juga : 7 Hal Yang Paling Diincar Karyawan

Bila Anda termasuk generasi milenial mungkin tidak akan cocok dengan budaya perusahaan yang di dalamya didominasi oleh orang–orang tua. Begitu juga tentang masalah jam kerja, Anda yang suka jam kerja fleksibel mungkin akan tersiksa dengan tempat kerja yang sangat ketat mengenai persoalan tingkat kehadiran.

Sudahkah Sejalan dengan Tujuan Karier Jangka Panjang Anda

Saat mendapatkan beberapa tawaran sekaligus, coba renungkan mana pekerjaan yang menjadi passion Anda dan apakah ini bisa menjadi bagian dari estafet untuk menuju jenjang karier yang lebih tinggi ke depannya. Ini penting, agar Anda bisa menikmati pekerjaan tersebut dan tidak sering didera stres atau berujung pada penyesalan.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon