Selasa, 07 Maret 2017

Ini Tips Ampuh Bangkitkan Semangat Mencari Kerja


Dunia Kerja - Jika kamu saat ini berada dalam kondisi sedang mencari pekerjaan, pastinya banyak mendapatkan beberapa saran dari keluarga atau teman bagaimana agar bisa diterima bekerja. Memang bukan hal mudah untuk mendapatkan pekerjaan impian apalagi kompetisi di lapangan yang semakin ketat. Meski banyak memasukkan lamaran kerja di beberapa perusahaan, tapi kenyataannya sampai saat ini belum ada satupun yang menerima kamu.

Pastinya bila hal tersebut terjadi pada kamu, mungkin akan merasakan putus asa serta tidak bersemangat lagi mencari pekerjaan. Berikut ini ada beberapa tips yang disarankan laman universityherald agar tetap semangat saat berburu pekerjaan bagi para pencari kerja:

1. Jangan berkecil hati dengan penolakan 
Kamu tidak bisa selalu berharap agar segera diterima saat melamar bekerja. Serangkaian penolakan mungkin dapat membuatmu berkecil hati dan frustasi, tapi hal ini jangan sampai membuat kamu berhenti mengejar apa yang ingin dicapai. Jadikan penolakan sebag​a​i hal yang membuatmu semakin bersemangat, lakukanlah apa saja ingin dilakukan, yang penting jangan​ sampai​ menyerah.

2. Selalu tetapkan tujuan baru 
Setelah membuat lamaran ke tempat yang diinginkan, jangan sampai terpaku di satu tujuan saja, namun juga harus melihat ke perusahaan lainnya juga. Tidak harus ke perusahaan yang besar dan terkenal, tapi pastikan pekerjaan tersebut sesuai dengan keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki. Miliki tujuan ketika bekerja, sehingga dapat memberikan kamu arah. Setelah kamu mendapat pekerjaan ideal mungkin bisa bertanya pada diri sendiri masih adakah sesuatu yang bisa dilakukan untuk membangun karier sehingga akan membuatmu berkembang.

3. Jadilah pendengar yang baik 
Ketika melamar pekerjaan, milikilah kemampuan menjadi seorang pendengar yang baik. Jangan sampai membuat kesalahan karena gagal mendengarkan saat kamu menerima pesan. Sebuah proses komunikasi yang efektif juga berlaku dalam wawancara, hal ini penting bagi kamu untuk tahu kapan waktunya berbicara, dan kapan harus berhenti berbicara untuk mendengarkan orang yang sedang ​mewawancara​i​.

baca juga : Cara Menemukan Pekerjaan Impian

4. Survei perusahaan 
Setelah melihat lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan minat yang kamu miliki, sebaiknya segeralah lakukan survei tentang perusahaan tersebut sebelum memutuskan untuk mengirimkan lamaran. Hal ini agar tidak membuang waktu dan energi saat berburu pekerjaan.​


EmoticonEmoticon